URAIAN TUGAS BERDASARKAN STRUKTUR ORGANISASI (IMPLEMENTASI SK MENKES 128 TAHUN 2004) PUSKESMAS MEURAH MULIA

URAIAN TUGAS BERDASARKAN STRUKTUR ORGANISASI (IMPLEMENTASI SK MENKES 128 TAHUN 2004)PUSKESMAS MEURAH MULIA



NO

NAMA JABATAN

URAIAN TUGAS
1
Kepala Puskesmas
1

2
3

4
5
Melaksanakan  fungsi-fungsi  manajemen,  bimbingan  dan
supervisi.
Mengadakan koordinasi di tingkat kecamatan.
Sebagai  penggerak  pembangunan  kesehatan  di  tingkat kecamatan.
Sebagai tenaga ahli pendamping Camat.
Mengkoordinir  dan  bertanggung  jawab  terhadap  semua kegiatan di puskesmas.
2
Koordinator Unit Tata Usaha
1
2

3
Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di unit TU
Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unit
TU
Menggantikan   tugas   Kepala   Puskesma bila   Kepala
Puskesmas berhalangan hadir

3
Keuangan
1
2
3
4

5
6
7
8

9
Melakukan perencanaan Keuangan
Merealisasikan Keuangan
Membuat pembukuan/penutupan kas.
Mengambil gaji dan dana operasional serta yang berkaitan dengan kesejahteraan pegawai
Pencatatan dan Pelaporan
Membuat petikan daftar gaji
Menerima setoran dari masing-masing unit pelayanan
Mengkoordinir bendahara-bendahara di
Puskesmas
Melakukan setoran perda ke kas daerah
4
Umum


1
2
3
4

5

6
7
8
UMUM

Rigistrasi Surat Masuk dan Keluar Melanjutkan disposisi Pimpinan Membuat konsep surat
Mengkoordinir kegiatan petugas bagian pengiriman semua laporan puskesmas.
Mengkoordinir kegiatan petugas bagian perbaikan sarana puskesmas
Mengarsipkan surat.
Melakukan kegiatan yang bersifat umum.
Mengkoordinir pembuatan spanduk yang bersifat umum
5
Kepegawaian

1

2

3
4
5

6
7
8

9

10

Membuat laporan kepegawaian (Absensi, bezzeting, DUK, lap.triwulan, tahunan ,dsb.)
Mengetik  DP  3  yang  sudah  di  isi  nilai  oleh  Atasan
Langsung
Mendata dan mengarsipkan file pegawai. Mengusulkan cuti dan kenaikan pangkat
Mengusulkan tunjangan pegawai ( Penyesuaian Fungsional, Baju, Sepatu dan lain-lain)
Membuat Model C
Merekap Absensi ( Ijin, Cuti, Sakit )
Membuat   Absens Mahasiswa/sisw yan praktek   di
Puskesmas
Membuat perencanaan untuk pengembangan kualitas SDM
staf puskesmas
Menyusun daftar pembagian tugas untuk staf puskesmas dengan persetujuan kepala puskesmas




NO

NAMA JABATAN

URAIAN TUGAS
6
Data dan Informasi
1
2

3

4


5


6
Sebagai pusat data dan informasi puskesmas.
Mengumpulkan dan mengecek laporan puskesmas sebelum dikirim ke dinas kesehatan
Menyajikan laporan dalam bentuk visualisasi data (tabel, grafik,dll)
Mengidentifikasi masalah program dari hasi visualisasi data dan menyerahkan hasilnya kepada koordinator perencanaan dan penilaian
Bersama-sama team data dan informasi menyusun semua laporan puskesmas (PTP, minilok, Lap. Tahunan, Stratifikasi, dsb.)
Pencatatan dan pelaporan.
7
Perencanaan dan Evaluasi
1
2

3


4
Mengkoordinir kegiatan team perencanaan dan penilaian
Menyusun jadwal evaluasi kegiatan puskesmas secara kontinyu
Menyusun laporan hasil evaluasi dan perencanaan untuk selanjutnydiserahkan  kepada  koord.  data  &  informasi serta koord. program terkait
Mengarsipkan hasil kegiatan
8
Koordinator UPTF Upaya
Kesehatan Masyarakat
1



2
Mengkoordinir dan bertanggung jawab dalam penyusunan
perencanaan    dan    evaluasi    kegiatan    di    unit    P2M, PROM.KES, KIA/KB, GIZI dan KESLING
Mengkoordinir  dan  berperan  aktif  terhadap  kegiatan  di unitnya
9
Koordinator Unit Pencegahan
dan Pemberantasan Penyakit
(P2M)
1
2

3
Menyusun perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit P2M
Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unitnya.
Ikut secara aktif mencegah dan mengawasi terjadinya peningkatan kasus penyakit menular serta menindak lanjuti terjadinya KLB.
10
Pemegang Program
Surveilans
1


2
3
4
Berperan aktif secara dini melakukan pengamatan terhadap
penderita,  kesling,  perilaku  masyarakat  dan  perubahan kondisi.
Analisis tentang KLB
Penyuluhan kesehatan secara intensif
Pencatatan dan pelaporan
11
Pemegang Program
P2 Imunisasi


1


2

3

4

5
6

7

8
Bertanggung  jawab  dan  mengkoordinir  kegiatan  sebagai
berikut :
PelaksanaaImunisasi  Polio,  Campak,  HB,  BCG,  DPT pada bayi ditempat pelayanan kesehatan ( Puskesmas, Posyandu dan pustu ).
Pelaksanaan Imunisasi TT pada BUMIL & WUS ditempat pelayanan kesehatan.
Penyuluhan imunisasi dan sweeping ke rumah target yang tidak datang ke tempat pelayanan kesehatan.
Pelaksanaan BIAS  di  tiap  SD  oleh  tim  Puskesmas  dan kader.
Pengambilan Vaksin ke Dikes Kab.Badung 2 kali sebulan. Sterilisasi alat dan pemeliharaan Coldchain di Puskesmas atau Pustu.
Merencanakan  persediaan  dan  kebutuhan  vaksin  secara teratur.
Monitoring / evaluasi PWS
12
Pemegang Program
P2 Diare
1

2

3

4
5

6
Penyuluhan untuk memasyarakatkan hidup bersih dan sehat
serta memasyarakatkan oralit.
Kaporitisasi sumur-sumur dan sumber air sebanyak 2 kali se tahun.
Surveillance  yaitu  mengurangi  dan  menghindari  kontak untuk mencegah penyebaran kasus.
Pecatatan dan Pelaporan.
Penemua dan   pengobatan   penderita   diar d dalam maupun di luar gedung.
Aktif dalam penyelidikan KLB/peningkatan kasus




NO

NAMA JABATAN

URAIAN TUGAS
13
Pemegang Program
P2 DHF
1

2

3
4
5
6
7
8
9
Penentuan target sasaran, khususnya di desa endemis DHF
Penyuluhan DHF
Pemberantasan  vektor      melalu PJ dan   PSM   serta pelaksanaan ULV di wilayah kerja
Penemuan dan pengobatan penderita
Pencatatan dan Pelaporan
Melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi DHF Pemeriksaan larva
Pemantauan/monitoring jumantik desa endemis
Pertemuan berkala jumantik
Rekapitulasi laporan jumantik
14
Pemegang Program
P2 TBC
1

2
3
4
5
Penyuluhan tentang TBC serta kunjungan dan follow up ke
rumah pasien
Pencatatan dan Pelaporan kasus Penemuan secara dini penderita TBC Pengobatan penderita secara lengkap
Koordinasi    dengan    petugas    laboratorium    terhadap penderita/tersangka TBC untuk mencari BTA +
15
Pemegang Program
P2 ISPA
1
2
3
4
Penyuluhan tentang ISPA
Penemuan secara dini penderita ISPA Pengobatan penderita secara lengkap Pencatatan dan Pelaporan kasus
16
Pemegang Program PMS-AIDS
1
2

3
4
Penyuluhan tentang PMS dan AIDS
Kerjasam denga Yayasa peduli   AIDS   mengenai pendataan penderita PMS dan AIDS.
Penemuan secara dini penderita PMS dan AIDS.
Pengobatan   penderita   yan menderita   maupu yang dicurigai.
17
Pemegang Program P2 Malaria
1
2
3


4
5
Penyuluhan tentang Malaria
Pemberantasan Nyamuk Anopeles.
Kerja sama dengan aparat pemerintahan desa dalam pelaporan pendatang terutama yang berasal dari daerah endemis Malaria.
Penemuan secara dini penderita malaria
Pengobatan penderita yang menderita maupun yang dicurigai.
18
Pemegang Program P2 Kusta
1
2

3

4

5
Penyuluhan tentang Kusta
Penemuan  Penderita  Kusta  dengan  pemeriksaan  kontak, pemeriksaan anak sekolah dan case survei
Memberikan pengobatan yang tepat sesuai diagnosa dan klasifikasinya.
Melakukan  pencegahan  cacad  dengan  mengawasi  dan mengevaluasi pengobatan
Pencatatan dan Pelaporan
19
Pemegang Program P2 Rabies
1

2

3
4
Pencatatan  pasien  yang  digigit  HPR  (  Hewan  Penular
Rabies)
Pemberian Vaksin Anti Rabies (VAR) bagi pasien digigit anjing
Pengamprahan dan pencatatan pemakaian VAR Pembuatan laporan pasien dan vaksin




NO

NAMA JABATAN

URAIAN TUGAS
20
Pemegang Program
Promosi Kesehatan
1

2


3





4





5
6
7
Mengkoordinir  dan  bertanggung  jawab  terhadap  semua
kegiatan promosi kesehatan di wilayah kerja puskesmas. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan promosi dilakukan bersama-sama dengan coordinator program yang terkait.
Kegiatan dalam Gedung
a.     Penyuluhan langsung kepada perorangan maupun kelompok penderita di Puskesmas / Pustu
b.     Penyuluhan tidak langsung melalui Media Poster / Pamflet
Kegiatan di luar Gedung
a.     Penyuluhan melalui media masa, pemutaran Film, siaran keliling maupun media tradisional.
b.     Penyuluha kelompo melalu posyand dan sekolah.
Koordinator pelaksanaan PHBS Koordinator pelaksanaan Bali Sehat
Pencatatan dan pelaporan
21
Pemegang Program JPKMM
1
2
3
4
5

6
Pendataan KK dan anggota Gakin
Penyusunan perencanaan dana operasional JPKMM Pencatatan operasional dana JPKMM
Pelayanan kesehatan untuk anggota JPKMM
Penyuluhan tentang prosedur dan tata laksana pemanfaatan kartu GAKIN
Pencatatan dan Pelaporan
22
Koordinator Unit KIA,KB, Gizi
1

2

3
Menyusun  perencanaan  dan  evaluasi  kegiatan  di  unit
KIA,KB, Gizi, Kes. Anak, Kes Remaja
Mengkoordinir  dan  berperan  aktif  terhadap  kegiatan  di unitnya.
Ikut  secara  aktif  mencegah  dan  mengawasi  terjadinya masalah dan memecahkan masalah yang ada di unitnya.
23
Pemegang Program Kes. Ibu
1


2


3


4


5
6





7
Pemeliharaan kesehatan   Ibu dari hamil, melahirkan dan
menyusui, serta bayi, ana balita dan   anak pra sekolah sampai usia lanjut
Imunisasi TT 2 kali pada bumil dan imunisasi pada bayi berupa BCG, DPT, polio dan Hb  sebanyak 3  kali serta campak sebanyak 1 kali.
Penyuluhan kesehatan meliputi berbagai aspek dalam mencapai tujuan program KIA, gizi dan perkembangan anak.
Pelayanan KB kepada semua PUS, dengan perhatian khusus kepada mereka yang melahirkan anak berkali-kali karena termasuk golongan ibu beresiko tinggi (resti).
Pengobatan bagi ibu untuk jenis penyakit ringan.
Kunjungan rumah untuk perkesmas, bagi yang memerlukan pemeliharaan, memberi penerangan dan pendidikan kesehatan dan untuk mengadakan pemantauan pada mereka yang  lalai  mengunjungi puskesmas serta  meminta    agar mereka datang ke puskesmas lagi.
Pembinaan dukun bayi
24
Pemegang program Kes. Anak
1


2

3
Pengawasan dan bimbingan kepada Taman Kanak-Kanak
Pengobatan bagi bayi, anak balita dan anak pra sekolah untuk jenis penyakit ringan.
Pemantauan/pelaksanaan DDTKA pada bayi, anak  balita dan anak pra sekolah
Membuat laporan MTBS
25
Pemegang Program Kes. Remaja
1
2
3
5
Penyuluhan ke sekolah (SMP, SMA)
Pembinaan dan konseling remaja Pendataan jumlah remaja usia 10-14 tahun Pencatan dan pelaporan
26
Pemegang Program KB
1
2
3
4
5
Komunikasi informasi dan edukasi (KIE)
Pelayanan Kontrasepsi
Pembinaan dan Pengayoman Medis kontrasepsi peserta KB Pelayanan rujukan KB
Pencatatan dan Pelaporan




NO

NAMA JABATAN

URAIAN TUGAS
27
Pemegang Program Gizi
1







2





3





4





5







6
7
Upaya Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK).
a.     Penimbangan Bayi & menginventaris jumlah dan sarana posyandu
b.    Pemetaan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI)
c.    Penggunaan ASI Ekslusif d.    Pengukuran LILA WUS e.    Penyuluhan UPGK
Penanggulangan Anemia Gizi Besi a.     Distribusi Tablet Fe
b.    Distribusi Sirup Fe c.    Penyuluhan
d.    Pengadaan Bahan dan Obat Fe
Penanggulangan GAKI
a.    Monitoring Garan Beryodium b.    Koordinasi LS / LP
c.    Penyuluhan
d.    Pengadaan bahan Iodina Test
Penanggulangan Defisiensi Vit. A
a.    Balita
b.    Ibu Nifas
c.    Penyuluhan
d.    Pengadaan Obat
SKPG
a.    PSG (Pengadaan blanko dan pelaksanaan PSG)
b.    PKG
c.    Koordinasi LS/LP
d.    Pemetaan Kecamatan Rawan Pangan
e.    Intervensi kasus gizi buruk/pemberian PMT
f.    TBABS
Pengembangan Pojok Gizi (POZI) Pembinaan dan Evaluasi
28
Pemegang Program
Kesehatan Lingkungan
1
2


3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Menyusun perencanaan dan evaluasi di unit kesling
Mengurangi bahkan menghilangkan semua unsur fisik dan lingkunga yan member pengaru buru terhadap kesehatan masyarakat melalui penyuluhan kesling Penyehatan air bersih.
Penyehatan pembuangan sampah. Penyehatan lingkungan dan pemukiman.
Penyehatan pembuangan air limbah. Penyehatan makana dan minuman. Pengawasan sanitasi tempat-tempat umum. Pengawasan tempat pengelolaan pestisida.
Pelaksana perundangan di bidang kesehatan lingkungan. Pembakaran sampah medis
Pencatatan dan pelaporan
29
Koordinator UPTF Upaya
Kesehatan Perorangan
1

2
Menyusun  perencanaan  dan  evaluasi  kegiatan  di  unit
Pengobatan dan ASKES
Mengkoordinir  dan  berperan  aktif  terhadap  kegiatan  di unitnya
30
Pemegang Program
Pengobatan
1

2

3

4
5

6
Menentukan target sasaran serta merencanakan kebutuhan
obat dengan gudang farmasi
Melakukan tindakan pengobatan sesuai standar puskesmas sebagai pelayanan kesehatan tingkat pertama.
Merujuk pasien ke sarana pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.
Penemuan dan pencatatan kasus.
Menentukan kasus tertinggi di wilayah kerja (rekap kasus penyakit terbanyak)
Pencatatan dan pelaporan
31
Koordinator UPTF Jaring
Pelayanan Puskesmas
1

2
Menyusun perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit P3K, Pusling dan Pustu
Mengkoordinir  dan  berperan  aktif  terhadap  kegiatan  di unitnya




NO

NAMA JABATAN

URAIAN TUGAS
32
Koordinator Unit P3K
1
2

3
Mengkoordinir kegiatan P3K
Mempersiapka semu kebutuhan jadwa acar dan petugas P3K
Pencatatan dan pelaporan
33
Koordinator    Unit    Puskesmas
Keliling
1
2


3
Mengkoordinir kegiatan pusling
Mempersiapkan   semu kebutuhan jadwa acar dan petugas pusling dengan melakukan koordinasi dengan program lain yang terkait
Pencatatan dan pelaporan (sensus penyakit dan obat)
34
Koordinator Unit Pustu
1
2

3

4
5
Melaksanakan pelayanan kesehatan
Menggerakkan, mengembangkan dan membina kesehatan masyarakat diwilayahnya
Membantu upaya masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan
Pencatatan dan pelaporan
Perpanjangan tangan seluruh program di Puskesmas
35
Koordinator UPTF Upaya
Kesehatan Pengembangan
1


2
Menyusun perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit UKK,
Usila,  UKS/UKGS,  Kesorga,  Battra,  Kes.  Gilut,  Rawat Inap, UGD, Kes. Mata, Kes. Jiwa dan Perkesmas Mengkoordinir  dan  berperan  aktif  terhadap  kegiatan  di unitnya
36
Pemegang Program
UKK
1

2

3

4
Pendataan  semua  kelompok  kerja  yang  ada  di  wilayah
kerja.
Penyuluhan     dan      pembinaan     terhadap      kesehatan pengusaha/pekerja.
Membina    kelompok    kerja    dengan    pelaksanaan    K3 (keselamatan dan Kesehatan Kerja)
Pencatatan dan pelaporan
37
Pemegang Program
Usia lanjut
1
2

3

4
5

6

7
8
Pendataan usila
Kegiatan promotif dengan penyuluhan gizi, kes. dimasa tua, agama,dll ke masyarakat dan kelompok usila
Senam kesegaran jasmani
Meningkatkan   PSM   denga car mengiku sertakan masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan
Kegiatan preventif dengan pemeriksaan berkala
Kegiatan  pengobatan  melalui  pelayanan  kesehatan  dasar dan rujukan
Kegiatan  pemulihan  untuk  mengembalikan  fungsi  organ yang telah menurun
Pencatatan dan pelaporan
38
Pemegang Program
UKS/UKGS
1
2

3
4
5
6
Inventaris jumlah sekolah, jumlah murid dan sarana UKS
Melaksanakan   progra UK melalu pendidikan   dan pelayanan kesehatan di sekolah
Aktif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Penjaringan kesehatan peserta didik baru kelas 1
Pengobatan ringan, pertolongan dan rujukan. Pelatihan dokter kecil
39
Pemegang Program
Kesorga
1
2

3
Penyuluhan tentang kesorga
Melaksanakan     upaya     kesorga     kepada     masyarakat khususnya peserta olah raga/atlet dan anak sekolah Pencatatan dan pelaporan
40
Pemegang Program
Battra (Toga)
1
2


3
4
Pembinaan pengobat tradisional
Kerjasama dengan pengobat tradisional, agar merujuk pasiennya ke puskesmas/RS bila menderita sakit yang berbahaya
Penyuluhan pada masyarkat dan pengobat tradisional
Sosialisasi obat-obat tradisional dan manfaatnya
41
Pemegang Program
Kesehatan Gigi dan Mulut
1
2
3


4
Menyusun perencanaan
Melaksakan UKGS dan UKGMD
Pelayanan berupa pemeriksaan, perawatan, pengobatan, penambalan, pencabutan, pembersihan karang gigi serta rujukan gigi dan mulut serta rujukan
Pencatatan dan pelaporan




NO

NAMA JABATAN

URAIAN TUGAS
42
Koordinator Program
Rawat Inap
1
2
3


4

5
Merencanakan kebutuhan obat.
Melakukan pelayanan rawat inap.
Melakukan tindakan pengobatan sesuai standar puskesmas sebagai pelayanan kesehatan tingkat pertama serta memberi penyuluhan kepada pasien dan keluarganya.
Merujuk pasien ke sarana pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.
Pencatatan dan pelaporan
43
Pemegang Program UGD
1
2

3

4
Merencanakan kebutuhan obat.
Melakukan tindakan pengobatan sesuai standar puskesmas sebagai pelayanan kesehatan tingkat pertama.
Merujuk pasien ke sarana pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.
Pencatatan dan pelaporan
44
Pemegang Program
Kesehatan Mata
1
2
3
4
5
Menyusun perencanaan dan evaluasi
Pengobatan kasus lama dan baru
Pemeriksaan mata, tes buta warna dan penyuluhan Merujuk pasien dan kerjasama dengan RS Indra Pencatatan dan pelaporan
45
Pemegang Program
Kesehatan Jiwa
1
2

3

4
5
5
Memberi penyuluhan kepada masyarakat.
Mengenali    penderita     yang     memerlukan    pelayanan kesehatan psikiatri.
Memberi     pertolongan     pertama     psikiatri,     memberi pengobatan atau merujuk pasien ke RS jiwa.
Kunjungan ke rumah penderita. Pencatatan dan pelaporan
46
Pemegang Program Perkesmas
1
2

3
Kunjungan rumah ke keluarga rawan
Membuat   renstra  masing-masing kasus  keluarga rawan, resti, penyakit kronis, KKp dan penyuluhan
Pencatatan dan pelaporan
47
Koordinator UPTF Pelayanan
Penunjang
1

2
Menyusun perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit Lab,
Gudang Obat, Loket, Logistik dan Apotik
Mengkoordinir  dan  berperan  aktif  terhadap  kegiatan  di unitnya
48
Pemegang Program
Laboratorium
1

2


3
4
5

6
Mempersiapkan dan memeriksa sediaan serta menegakkan
diagnosa (darah, urine, tinja, sputum dan lepra) Mengirimkan sediaan untuk diperiksa di tingkat pelayanan yang  lebih  tinggi  sesuai  dengan  sistem  rujukan  pelayan kesehatan.
Merencanakan kebutuhan bahan dalam setahun
Pemeriksaan khusus TB/cross check
Memeriksa sediaan yang dikirim dari BLK (pemantauan mutu eksternal)
Pencatatan dan pelaporan
49
Pemegang    Program    Gudang
Obat
1

2

3

4

5
Merencanakan   ampraha dan   pengadaa obat   serta
pendistribusisan obat
Penerimaan, pengeluaran dan penyimpanan obat puskesmas maupun pustu
Pengecekan obat  di  puskesmas dan  pustu (kerapian dan kebersihan gudang obat)
Penyuluhan cara pemakaian obat yang benar di puskesmas dan pustu
Pencatatan dan pelaporan
50
Koordinator Program Loket
1

2
Menyusun perencanaan dan evaluasi jumlah kunjungan
Pencatatan  dan  pelaporan  serta  registrasi  pasien  (askes, umum, gakin)
51
Pemegang Program
Logistik
1
2
3

4
Menyusun perencanaan dan evaluasi
Penerimaan dan pengeluaran logistik
Pengecekan terhadap  keadaan logistik  (registrasi barang, KIR, dll)
Pencatatan dan pelaporan




NO

NAMA JABATAN

URAIAN TUGAS
52
Koordinator Program Apotik
1

2

3
4
Melayani resep sesuai petunjuk serta mengatur kebersihan
dan kerapian apotik
Penyuluhan langsung ke pasien tentang tata cara pemakaian obat
Pengecekan obat yang telah dikeluarkan/sensus harian obat
Pencatatan dan pelaporan
53
Pengelola Program Askes
1

2
3
Melakukan pendataan jumlah peserta ASKES termasuk yg
memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas
Penyuluhan tentang ASKES Pencatatan dan pelaporan ASKES



Meurah Mulia, 7 Januari 2015
Kepala Puskesmas Meurah Mulia





                                                                                                dr. Hendria
                                                                                                NIP. 19781210 201001 2 002


No comments

Powered by Blogger.